Posted by: irwiyan | February 19, 2009

Ketika Penelitian dan Bola Bingpong Bersua

(episode aku kamu)

#2005

Dulu sebelum masuk ITB, aku sempat bermimpi bersua dengan seorang dengan dosen ITB sekaligus bercengkerama dengan beliau. Aku tidak peduli apa yang aku bincangkan waktu itu. Bodo amat. Yang lebih jadi perhatian di movie itu, aku ketemu ma dosen ITB. “Gila!!! Gw bisa ketemu dan ngobrol ma dosen ITB!!!”.  Senang bukan kepalang waktu itu. Ya perlu dimaklumi, waktu itu emang lagi ngebet-ngebetnya masuk ITB. Belum ada loh orang kampung yang masuk ITB. Asli. Sumpah.

#2009

Empat tahun berlalu dan sekarang aku udah tingkat IV di Teknik Kimia ITB. Aku gak dikasih tau ibu kalo waktu beliau mengandung 4 bulan, ternyata ada yang menulis di garis hidupku bahwa aku akan sempet ngerasain betapanya Teknik Kimia ITB.

Tadi malem, aku begadang di lab. Maklum disemanget-semangetin biar cepet kelar penelitiannya. Lha tadi malem aku ketemu Professor. Tapi aku heran. Kenapa aku gak segirang dulu. Profesor loh. Profesor loh. Ini nyata. Ini fakta. Ini realita. Bukan asal cerita. Profesor menjumpai ku waktu aku lagi nge-run penelitianku. Kenapa ya kok biasa thok gini. Apa mimpi tu selalu lebih indah dari kenyataan. Ah nggak. Trus apa???

Aku gak bisa nemuin jawabannya  ‘kenapa’. Ya, pertanyaan ‘kenapa’. Pertanyaan yang menyebalkan karena butuh jawaban-jawaban filosofis, teoritis, bahkan taktis.

Aku cuma bisa mengawang-awang pengalaman ini sembari (ceileeh sembari) rehat penelitian ini sambil maen pingpong. Lucunya, meja pingpong nya punya Pak Profesor. Terima kasih Prof!!! (@mp3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: